Pengembangan Produk Kue kering dan Roti dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Authors

  • jerry wilson Poltekpar Medan

DOI:

https://doi.org/10.36983/japm.v10i1.305

Keywords:

pineapple agriculture products, pastry and bakery product, economy improvement

Abstract

Tipikal konsumsi masyarakat saat ini berubah sejalan dengan gaya hidup yang bergeser kearah yang lebih baik dan dinamis. Adanya pergeseran tipikal konsumsi tersebut menyebabkan pola komsumsi masyarakat untuk meningkatkan penyediaan pangan yang lebih baik, murah dan cepat penyajiannya. Hal ini menarik perhatian menajemen patiseri and bakry untuk mengembangkan produk pastry and bakery dengan memakai bahan baku lokal yaitu nenas. Dalam penelitian ini berjudul "Pengembangan produk pastry and bakry Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Hasil Pertanian Nenas di Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara). Penelitian ini membahas tentang bagaimana proses pengembangan produk pastry dan bakery dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di kecamatan sipahutar melalui hasil pertanian buah nenas.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Risearch), pendekatannya adalah kualitatif deskriptif dengan menerapkan cara berpikir induktif, dengan menganalisis data primer dan data sekunder. Adapun sasarannya adalah untuk menjelaskan bagaimana mengembangkan potensi pertanian masyarakat lokal untuk menambahkan kesejahteraan masyarakat. Metode mengumpulkan data secara Tanya jawab dan mengambil foto dokumentasi yang dibutuhkan. Tanya jawab dilaksanakan langsung kepada petani buah nenas dan foto dokumentasi digunakan untuk melengkapi data informasi mengenai buah nenas untuk diolah menjadi produk pastry and bakery.

Setelah melaksanakan penelitian, penulis menyimpulkan pengembangan produk pastry and bakery dengan memakai bahan baku buah nenas yang dikelola dibawah naungan bapak Gindo Simanjuntak masih perlu dikembangkan di Desa Onan Runggu-1 yang merupakan penghasil nenas di kabupaten Tapanuli Utara. Sumber daya manusia yang di desa tersebut juga masih perlu ditraining sehingga mampu mengolah hasil pertanian buah nenas menjadi produk Pastry dan Bakery sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Published

2022-03-28