Pola Perjalanan Wisata Di Desa Wisata Tipang Kabupaten Humbang Hasundutan Tapanuli Utara

Authors

  • Rosdiana Pakpahan Politeknik Pariwisata Medan

DOI:

https://doi.org/10.36983/thcij.v2i2.364

Keywords:

Pola, Perjalanan Wisata, Desa Wisata

Abstract

Salah satu tempat yang memiliki potensi wisata yang besar adalah kabupaten Humbang Hasundutan. Sama seperti daerah lainnya di Sumatera Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan memiliki banyak destinasi wisata yang berpotensi cukup besar untuk menarik minat wisawatan. Desa Wisata Tipang merupakan salah satu desa wisata unggulan yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Teknik pengumpulan data yang dilakukan guna mendapat data antara lain: wawancara, observasi, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Serta dilakukannya wawancara mendalam maka pada penelitian ini diambil partisipan sebagai berikut: Ketua Pokdarwis Desa Wisata Tipang, Kepala Desa Tipang serta anggota Pokdarwis Desa Wisata Tipang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif.

Pola perjalanan single point dan chaining loop merupakan skema perjalanan yang baik diterapkan di Desa Wisata Tipang karena pada pola perjalanan single point kesediaan berupa akses jalan yang hanya satu jalur sehingga alur keberangkatan hingga alur pulang akan melewati jalur yang sama. Sedangkan pada pola chaining loop pada jalur lainnya saat akan menuju antar daya tarik wisata jalur yang dilewati kembali tidak sama sehingga tidak melewati rute yang sama maka pola perjalanan berbentuk chaining loop.

Downloads

Published

2022-12-30